سْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Minggu, 19 Februari 2023

SEJARAH KELOK 9 YANG TELAH JADI 6 JEMBATAN DI SUMATERA BARAT

 

Tau gak ya bro...sebagai info bahwa Kelok sembilan yang asli sebelum dirubah dibangun jadi 6 jembatan sebagai jalan  jalan penggantinya. Jalan asli kelok 9 yang dahulu tersebut dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1908-1914 untuk memperlancar transportasi dari Pelabuhan Teluk Bayur di barat Sumatera menuju ke wilayah timur.

Lama kelamaan jalan lama tersebut semakin padat, karena fungsi jalan tersebut yang utama adalah sebagai penghubung antara Provinsi Sumbar dengan Provinsi Riau untuk menunjang distribusi barang ataupun pergerakan masyarakat.

Jalan asli kelok 9 sebelum di bangun jalan alternative yang baru hanya memiliki panjang 300 meter jika ditarik lurus dengan lebar jalan 5 meter. akan tetapi akibatnya waktu tempuh jadi semakin panjang karena lajurnya yang sangat sempit sehingga sulit bagi kendaraan yang ingin menyalip.

Pada mulanya kondisi jalan kelok 9 penuh dengan tanjakan curam dan tikungan tajam yang sangat berbahaya bagi siapapun yang melewati jalan tersebut. Hal ini juga berhubungan dengan banyaknya truk besar yang membawa muatan berat sehingga banyak di antara truck-truck itu yang gagal menanjak akibatnya kenek Truck harus buru-buru mengganjal Ban mobil dengan balok kayu atau batu agar tidak meluncur turun kebawah jurang.

Dilansir dari situs resmi kemenkeu, Kementerian Pekerjaan Umum mulai melaksanakan pembangunan tersebut pada tahun 2003. Adapun konsep yang diusung pada pembangunan jalan Kelok 9 yaitu konsep green construction atau ramah lingkungan.

Proyek ini tercatat membutuhkan biaya sekitar Rp580,8 miliar dengan dua tahap pelaksanaan pembangunan yang membutuhkan kurun waktu hingga 10 tahun penyelesaian.

Kelok 9 terbagi dalam enam buah jembatan dengan lebar 13,5 meter yang ditopang dengan pilar setinggi 60 meter di atas permukaan jalan yang ada di bawahnya.

Panjang keenam jembatan tersebut berbeda-beda karena menyesuaikan kondisi tanah dan panjang kelok jembatan itu sendiri.

Ukuran masing-masing jembatan kelok 9 yaitu jembatan pertama sepanjang 20 meter, jembatan kedua 230 meter, jembatan ketiga 65 meter, jembatan keempat 462 meter, jembatan kelima 31 meter dan jembatan keenam sepanjang 156 meter. Jadi kelok 9 sudah berubah menjadi 6 jembatan seperti yg dijelaskan di atas.

Kini, pembangunan jembatan Kelok 9 telah dirasakan efeknya oleh para pengguna, mengingat berkurangnya resiko kecelakaan di jalan tersebut. Disamping itu dapat dijadikan tempat rekreasi dan santai sambil menikmati kopi dan makanan lainnya di sana

Yang tidak kalah membanggakan lagi ternyata Pembangunan perubahan  kelok 9 yang dibuat jadi 6 jembatan ini dibangun oleh bangsa Indonesia sendiri dan dikerjakan oleh kontraktor dan tenaga ahli dari dalam negeri.

Penulis: ek


Sumber lainnya: 

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2272025/ini-latar-belakang-dibangunnya-jembatan-kelok-9

0 komentar:

Posting Komentar