سْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Minggu, 10 Mei 2020

Apakah Work From Home Efektif Dilakukan Untuk Kinerja Anda?



Apabila Anda merupakan pegawai yang karena pandemi Covis-19 termasuk yang harus kerja dari rumah, tentu Anda akan sangat mungkin bisa mengatur tentang bagaimana efektifitas kerja dirumah tersebut sesuai dengan kondisi di rumah dan tentunya target kerja yang sduah ditentukan oleh unit kerja masing-masing. Tinjauan terkait hal ini tentu akan memberikan dampak terhadap kondisi sosial yang akan berubah seraca seketika menyesuaikan kondisi WFH yang dilakukan.

Kenapa harus kerja dari rumah? Mungkin, terdapat situasi seperti bencana alam, wabah penyakit atau hal yang berkaitan dengan personal dan atau lingkungan seorang pegawai yang menuntut pegawaimau tidak mau, suka tidak suka harus bekerja dari rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home
Artinya dalam kondisi seperti sekarang ini dimana penyebaran virus COVID-19 seolah semakin meluas dan menjadi lebih sulit untuk dikendalikan, terutama melalui bergerak pulangnya penduduk Kab Kuningan yang berada di rantau. Kondisi ini yang sangat mungkin meningkatkan kasus PDP dan ODP Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Dan bagi pegawai efektifitas pemutusan rantai pernyebaran virus tersebut adalah penetapan status  Work From Home.

WFH adalah singkatan dari work from home yang berarti bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja pegawai yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan pegawai. Sistem kerja wfh memang memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini guna mendukung keseimbangan pegawai antara pekerjaan dan kehidupan sosial kemasyarakatannya. Tapi nyatanya kini Work From Home telah menjadi sebagian dari solusi efektif karena adanya wabah virus corona. Hal ini jelas sanagat membantu mengurangi peluang/risiko penularan virus corona dan tentunya keselamatan pegawai itu sendiri.

Keuntungan Work From Home

       A.     Menghemat Biaya Pengeluaran bagi Pegawai
Bagi pegawai, kerja dari rumah dapat mejadi perilaku yang sangat efektif untuk efisiensi biaya / pengeluaran konsumsi dan mampu menekan biaya makan dan ongkos transportasi yang harus secara rutin dikeluarkan apabila harus rutin makan diluar dan berangkat ke kantor. Hal jelas akan menjadi sangat berbeda, jika berangkat ke kantor. Walaupun ada penggantian biaya untuk transportasi dan makan dari kantor, hasrat untuk mengkonsumsi makanan di restoran / rumah makan akan membuat membengkaknya biaya yang dikeluarkan menjadi lebih dari budget yang telah ditetapkan.

       B.      Fleksibel
Bekerja dari rumah secara umum mampu membuat pegawairelatif lebih efektif menggunakan waktu kerja dan dapat menentukan sesuai keinginan ingin bekerja pada jam berapa. Hal ini dikarenakan bahwa, setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda satu sama lain. Jam kerja tidak lagi terpaku lagi pada sistem jam 8-5 atau 9-6. Posisi duduk, pakaian serta jam makan bisa disesuaikan sesuai kondisi efektifnya.

       C.      Mendekatkan Diri kepada Keluarga
Kerja dari rumah tentu akan sangat menguntungkan seseorang yang telah berkeluarga. Momen ke momen bersama keluarga akan didapatkan seiring waktu berjalan. Meskipun begitu, seorang pegawai tetap harus mampu memberikan batasan yang jelas dan terjadual antara pekerjaan dan keluarga Anda di rumah. Hal ini akan memastikan jadual kinerja yang tetapkan menjadi target dari unit kerja dapat terselesaikan sesuai dengan jadual dan kedekatan antar anggota rumah tangga juga menjadi lebih berkualitas.

Kekurangan Work From Home
Sedangkan work from home juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut ini :

       A.     Terganggu Keluarga
Hal yang menjadi berat adalah apabila kedekatan seorang pegawai dengan keluarganya juga bisa berakhir menjadi gangguan. Hal ini biasanya terjadi karena tidak dipatuhinya agenda jam kerja di rumah yang telah ditetapkan karena justru lebih fokus terhadap keluarga. Terlebih jika Anda telah memiliki berapa orang anak,karena jelas biasanya tidak mungkin mengabaikan mereka begitu saja. Batasan terhadap jam kerja yang tidak dipatuhi membuat akhirnya tidak jarang seorang lebih banyak menghabiskan waktu untuk anak daripada untuk pekerjaan.
Dalam hal ini seorang pegawai yang memeliki anak sedari awal harus menyiapkan bahan untuk tetap dekat dengan keluarga/anak tetapi tetap efektif bekerja. Seperti menyiapkan game yang bersifat educationally untuk anak menjadi sangat efektif menjaga dua konsentrasi tugas antara membimbing anak dan menyelesaikan tugas kantor/ dinas.

       B.      Tidak Teratur  Jam Kerja
Sistem kerja dari rumah memang fleksibel dan dinamis, tapi jika Anda terlalu memfleksibelkan diri unsur dinamisnya yang akan terganggu, batasan jam kerja seperti yang seharusnya malah akan sulit tercapai. Bahkan bukan tidak mungkin targetnya kinerja menjadi sulit tercapai.  Dalam kondisi yang ekstrim maka seorang pegawai bisa saja terlalu mementingkan pekerjaan disemua harinya selama 24/7 atau justru Anda mengabaikan pekerjaan Anda dan menundanya secara terus menerus tanpa batasan yang jelas kapan akan diselesaikan pekerjaan tersebut.
Kalau bukan karena keinginan kuat dari disi sendiri bahwa WFH adalah penyeimbang antara capaian kinerja dan efektifitas pemenuhan kebutuhan waktu untuk keluarga maka seorang pegawai akan terjebak pada sakit sendiri karena terlalu memforsir kemampuan atau bahkan terlalu santai karena longgar dalam hal waktu dan menjadi malas bekerja. Dan ke dua dua nya bukan hal yang baik.

       C.      Kurang Termotivasi
Cara kerja dari rumah yang sendirian ini cenderung mengakibatkan pegawai menjadi tidak termotivasi dan kurang kompetitif.Bagi sebagian orang, melihat cara orang lain bekerja di kantor adalah sebuah motivasi tersendiri. Lingkungan dengan situasi yang kompetitif di kantor juga menjadi acuan bagi sebagian orang untuk terus melangkah lebih maju lagi.

TIPS SOLUTIF AGAR WFH TETAP PRODUKTIF
Tapi, apakah cara agar  WFH dapat membuat Anda tetap produktif? Apakah workload Anda tetap sama seperti Anda bekerja di kantor? Cara untuk tetap memastikan hal-hal tersebut memang berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Tapi, ada beberapa hal yang perlu untuk diingat pada setiap pegawai WFH agar tetap fokus dan memisahkan urusan rumah dengan pekerjaan. Namun biasanya pada kenyataannya memang sangat sulit untuk mencapai 100 % focus.

Namun keberhasilan dalam bekerja WFH secara produkti harus di dukung dengan:
  • Miliki Ruang Kerja
  • Kenali Diri Sendiri Agar Aman Tubuh Anda Saat Bekerja
  • Jangan Terganggu dengan Hal Kecil di Rumah
  • Menetapkan Rutinitas, Termasuk Jam Kerja
  • Berpakaian Rapi
  • Dapatkan Peralatan yang Anda Butuhkan (Sarana LaptoP, Wifi)


KESIMPULAN

  •  WFH adalah hanya kondisi yang dimungkinkan apabila terjadi kasus / kejadian luar biasa yang terjadi pada diri dan lingkungan kerja.
  • WFH adalah upaya optimal untuk menghidarkan diri dari bahaya yang lebih besar daripada mendapatkan manfaat yang belum diraih.
  • WFH akan menjadi efektif atau tidak semuannya bergantung pada diri kita sendiri.
  • Cara mengefektifkan WFH (butir 1 s.d. 6) sudah disampaikan pada tulisan ini.
  • Tetap bekerja, tetap semangat dan tetap sukses tentunya dengan WFH


Selamat Bekerja Work From Home, Semoga Pamdemi Covid – 19 dapat segera berakhir……


Penulis : Eka
Sumber Berita:
view-source:https://kuninganmass.com/anything/netizen-mass/work-from-home-efektifkah-untuk-kinerja-anda/



0 komentar:

Posting Komentar